Senin, 02 Juni 2008

Propolis

Dari hasil penelitian Propolis yang dihasilkan lebah mempunyai zat imunitas yang sulit ditembus bakteri. Zat ini dikumpulkan lebah dari tanaman tertentu yang kemudian diolah dalam tubuh lebah menjadi propolis. Propolis sering disebut pinisilin dari RusiaOBAT SAPU JAGAD

Apakah Propolis itu? Propolis adalah substrak getah yang keluar dari tunas daun dan kulit batang tanaman Conifer (golongan pinus) yang dikumpulkan lebah madu. Lebah kemudian mencampurkan propolis dengan enzim unik dari tubuhnya kemudian dicampur dengan lilin lebah untuk melindungi sarangnya.

Untuk apa Lebah mengumpulkan Propolis? Lebah sangat rentan terhadap infeksi dan bakteri yang dapat menghancurkan sarangnya. Untuk menjaga agar sarang, koloni telur, dan larva lebah didalamnya tetap steril dan menetas sempurna maka lebah memproduksi propolis. Perlu di ketahui cell lebah tempat lebah menyimpan madu, bee polen dan tempat larva lebah merupakan ruang paling steril di dunia dimana virus, bakteri, jamur tidak dapat masuk kedalamnya berkat terlindungi oleh propolis. Jadi propolis berfungsi sebagai antiseptik, antivirus, anti jamur dan antibakteri yang sempurna bagi lebah untuk kelangsungan hidupnya.

Kandungan Propolis: Propolis merupakan senyawa kompleks yang terdiri dari 55% resin, 30% lilin lebah, 10% minyak aromatik dan 5% bee pollen. Selain itu Propolis mengandung 500 Bioflavanoid yang sering disebut Super Antioksidan.

Manfaat Propolis:

  1. Antibotik alami
  2. Antivirus, Antijamur, Antibakteri, Antiseptik
  3. Anti Peradangan
  4. Memelihara dan menyembuhkan pembulu darah kapiler.
  5. Radang tenggorokan, infeksi pernafasan.
  6. Batuk, influenza, demam
  7. Luka bakar, luka baru.
  8. Herpes, penyakit kulit kronis.
  9. Jerawat.
  10. Tukak Lambung dan pencernaan.

Propolis dari zaman ke zaman

  1. Hippocrates (460-370 SM), sebagai bapak ilmu kedokteran, mengunakan bee pollen dan propolis sebagai obat untuk memerangi berbagai penyakit.
  2. Pada perang Boer (1888-1902) antara penduduk Afrika Selatan dan Inggris, propolis digunakan untuk menbersihkan luka dari infeksi dan menyembuhkan luka dengan cepat.

Bukti Ilmiah Khasiat Propolis

  1. Dr. K. Lund Aagaard “ Propolis, Natural Substance, the way to health” . Bioflavanoid yang terkandung didalam propolis dapat mendegradasi radikal bebas yang disebabkan polusi, bahan pengawet dan bahan kimia lain yang masuk ke dalam tubuh. Kemampuan kerja bioflavanoid ini setara dengan kemampuan 500 buah jeruk.
  2. Columbia University: salah satu senyawa utama didalam propolis, mampu menurunkan percepatan dan perkembangan sel kanker.
  3. Prof. Hembing Wijaya kusuma: propolis sangat baik untuk kesehatan kulit dan berkhasiat luar biasa.

Cara Kerja Propolis Ada beberapa cara kerja propolis dalam melawan bakteri, propolis menghambat pembelahan sel bakteri dan mampu menghancurkan diding sel bakteri dan sitoplasma (takaisi KikuniNB, Planta Medica June 1994).Fungsi Propolis yang tidak dimiliki antibiotik yang di jual dipasaran adalah kemampuannya dalam melawan Virus.

Bina Apiari Menyediakan propolis dalam kemasan Kapsul 300mg dan 500mg. Kami Sangat Perduli terhadap Kesehatan Anda.

Tidak ada komentar: